Sabtu, 15 Februari 2020

MEMPEROLEH FILE BATAS WILAYAH TIPE KMZ

Jadi begini,
Apa itu batas wilayah?
Saya sendiri juga belum tau definisi persisnya. Menurut pemahaman saya, sebuah garis yang disepakati oleh bersama untuk menentukan perbatasan di masing-masing wilayah. Dalam hal ini batas wilayah untuk Kecamatan ataupun desa.
Banyak sekali cara yang sudah dilakukan. Namun saya koq lebih sreg dengan cara saya ini. Mungkin sudah ada di blog atau web lain yang menjelaskan cara ini, masalahnya ketimbang blog saya tidak ada tulisan, kayak kurang gimanaaa...

Kali ini saya ambil contoh saya ingin punya batas kecamatan dan desa untuk Wilayah Malang. Bagaimana caranya?

Baik,
Cara pertama teman2 tinggal klik link “Batas Wilayah” pada sebelah kanan blog saya, yang ada di daftar “Link Favorit”.
Sudah?
Kalau tidak bisa, mohon periksa koneksi data anda.



Jika sudah maka akan tampil halaman seperti di atas. Jangan liat ke atas!, cukup lihat monitor kalian.
Kemudian tulis pada kolom “Document Name”, terserah bebas mau dinamai apa. Sesuai selera.
Untuk pilihan “layer”, centang “batas kecamatan” terlebih dahulu. Lebih enak satu-satu, kalau dua-dua jangan. Karena pada saat open data di Google Earth agak lama, kecuali spesifikasi PC/Laptop anda bagus.
Hanya saran, mending dipisah.

“Layer Options” pilih radio yang ketiga, “Vector layers as vectors and raster layers as images”. G tau artinya apa, pokok yang ini aja.

Setelah itu, tekan “generate kml”.
Tunggu beberapa saat, anda akan menerima hadiah file yang diinginkan.













Anehnya, file tersimpan dalam tipe KMZ. G masalah yang penting GE bisa baca.

Kemudian buka Google Earth. Baik yang pro atau un-pro terserah. Sama-sama gratis.
Langkah berikutnya, zoom di lokasi batas wilayah yang diinginkan. Semisal saya ingin zoom wilayah Malang. Sesuai keinginan saya tadi.
Untuk  zoom, lebih baik minimal pada ketinggian pandang ± 20 Km atau lebih dekat lagi. Bisa dilihat pada sebelah kanan bawah Google Earth. Karena kalau terlampau tinggi, layer yang diinginkan tidak akan terbaca.












Tetap di program GE, lalu anda tekan pada keyboard “Ctrl+O”.
Cari file tadi yang tersimpan dalam bentuk kmz, padahal tulisannya “Generate KML”.

Kalau sudah anda tunggu karena file sedang dalam proses donlot. Lagi-lagi tergantung koneksi data.
Sambil nunggu jangan lupa minum susu.

Kalau sudah, jadinya seperti ini,














Dan saya mendapatkan batas Kecamatan Wilayah Malang yang diinginkan. 
Kayaknya kurang begitu kelihatan batasnya ya.
Baik,
Lakukan langkah selanjutnya.

Dropdown seluruh polygon yang sudah kedonlot, yang ada pada layer file. Seperti ini,














Lalu pindahkan folder “Batas Kecamatan” ke “myplace/tempatku”. Bisa dengan cara drag folder “Batas Kecamatan” sampai ke “myplace/tempatku”.
Seperti ini,















Saya sekarang sudah memiliki file polygon batas kecamatan yang bisa digunakan untuk program lain. Jika batas tidak begitu kelihatan - seperti yang saya katakan sebelumnya -, bisa edit melalui folder tersebut dengan klik kanan → properties. Buka “Style, Warna”. Dan bebas menentukan ketebalan dan warna sesuai keinginan.















Secara visual bisa dilihat pada pidio dibawah:



Semoga bisa bermanfaat buat teman2 semua.
Jika ternyata tutorial kami kurang bermanfaat bagi teman2 semua, jangan komentar. Cukup ditulis, karena komentar anda tidak bisa saya dengar dari sini.

Jangan pernah mengeluh, karena mengeluh tidak akan merubah kondisi kita. Minimal hanya dengan mandi, badan menjadi segar kembali. Intinya, perbuatan orang mengeluh rata-rata dilakukan oleh orang yang belum mandi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Postingan Terbaru Kami

BELAJAR HURUF HIJAIYAH UNTUK SANTRI PRA JILID METODE UMMI DENGAN GAMBAR ; ukuran kertas (40x60) cm

 Semoga bermanfaat, silahkan dikopas sesuai keinginan saudara-saudara semuanya.

Postingan Terdahulu Kami