Minggu, 23 Februari 2020

KONDISI JAMAN BELANDA JILID I

Bisa jadi mungkin kalian membayangkan kehidupan jaman old seperti apa.
Melukiskan keadaan jaman dulu waktu belanda masih di indonesia, yang selama 3,5 abad tinggal disini. Dan gak mungkin dengan selama itu, belanda tidak mendokumentasikan kenangan indah mereka yang buat kita terasa pahit untuk dikenang.
Beberapa dari komunitas memang sudah banyak yang menggali dari banyak bidang untuk mengetahui saksi hidup, bisu atau yang lain. Demi menggali informasi akan keberadaan belanda waktu itu.
Dalam bentuk video, wawancara, tulisan, atau foto yang merekam kejadian masa lalu dan sudah banyak sekali yang menyimpannya. Bahkan mengkomparasi antara situasi dulu dengan sekarang. Membuat event memori penjajahan kolonial. Mempertahankan eksistensi peninggalan belanda, dijadikan cagar budaya, atau acara lain untuk memperkuat bukti sejarah bangsa Indonesia.

Kali ini saya ingin berbagi kepada kalian semua, sebuah website yang merangkum foto kegiatan dan kondisi jaman belanda kala itu.
Dan maaf-maaf, yang membuat ini bukan berasal dari Indonesia, tapi dari penjajah kita yaitu belanda sendiri.

Websitenya : KITLV

Itu semua terangkum di semua kegiatan keseharian belanda di Indonesia. Masalahnya untuk kolom pencarian, kita tidak bisa serta merta menggunakan kata kunci seenaknya sendiri. Harus menggunakan bahasa mereka, belanda.

Solusinya, google translate bisa digunakan meskipun juga masih sedikit koreksi. Kecuali yang pandai bahasa belanda. Beda lagi.

KITLV hanya menampilkan file image, karena yang mereka simpan hanya itu. Dan buanyak sekali file image yang bisa kita gali.



Seperti biasa, sering kita menanyakan cara donlotnya gimana. Itu.

Salah satu solusi yaitu dengan menggunakan print screen. Kalau kita download versi resminya, hanya mendapatkan file yang kecil.
Sudah berkali cara saya gunakan, namun hasilnya nil. Tidak ada guna.
Tombol print screen di keyboard biasanya diletakkan ditengah-tengah tombol delete sama pause/break.

Butuhnya kan yang HD. file ukuran aslinya bisa kita ganti ke original image. Lalu kita print screen.
Problemnya kalau lepi atau kompi dengan resolusi kecil atau standar, gak akan menghasilkan ukuran image yang full size.
Kalau lepinya bisa mencapai resolusi 4K. Ukuran pixel yang tinggi maksud saya. Malah jauh lebih bagus. Karena print screen yang nanti dilakukan tidak sepotong. Itu cara pertama.

Cara kedua. Lanjutkan bacanya di seri ke dua;

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Postingan Terbaru Kami

BELAJAR HURUF HIJAIYAH UNTUK SANTRI PRA JILID METODE UMMI DENGAN GAMBAR ; ukuran kertas (40x60) cm

 Semoga bermanfaat, silahkan dikopas sesuai keinginan saudara-saudara semuanya.

Postingan Terdahulu Kami