Rabu, 31 Agustus 2011

Stand Up Comedy

Kali ini saya akan memberikan ulasan baru lagi kepada mas bru dan mbak sis semuanya. Apa itu tentang Stand Up Comedy???
Mungkin dari beberapa dari kita sudah banyak yang tau tentang apa itu Stand Up Comedy?? Stand Up Comedy merupakan sejenis opera atau lawakan yang disodorkan kepada pemirsa yang dilakukan hanya satu orang saja. Kadang dia menggunakan alat bantu, atau tidak sama sekali. lawakan yang ia berikan kepada pemirsa merupakan lawakan atau kekonyolan yang up to date, yang masih panas di keseharian kita.
mungkin bisa jadi dalam bentuk sindiran, ungkapan, gerakan tubuh/gesture, raut muka, celotehan, perumpamaan, hiperbola... atau masih banyak lagi cara-cara yang digunakan dalam menyampaikan pesan tersebut, yang mana pesan tersebut mengandung unsur kelucuan yang unik, yang tidak monoton atau yang pernah kita lihat.
Stand Up Comedy dilakukan oleh satu orang atau one man show, dan durasi yang diberikan rata-rata kurang dari satu jam. orangnya-pun tidak harus berdiri... melulu, tapi juga terkadang ada yang duduk. Pokoknya, Lucu, Unik, menarik untuk didengar, segar, lelucon yang dinamis dan mantap... kamsudnya ya sesuai dengan apa yang sedang hot-hot-nya dibahas di publik, kemudian diceritakan dalam bingkai lain yang membuat pendengarnya tertawa. Dan pemirsa berkomentar, "Iya... Iya.. bener.. bener..!!! HAHAHHAHA...!!!".
Jadi joke-joke yang dilontarkan tidaklah hanya imajinasi-imajinasi saja, tapi nyata... gitu lho.. bisa dipahami ya?? kalo gak paham, minum pil paham. Biar agak sedikit kurang lebih mudeng sama yang saya beri taukan.
Adapun Stand Up Comedy ini telah ada 18 abad yang lalu, dan munculnya juga di daratan Eropa. kemudian menjalar ke Benua-benua yang dikuasai oleh komunitas Eropa, yaitu Amerika, Australia, Kepulauan Faroe, bahkan Afrika Selatan... Negara tetangga kita, Singapura, Malaysia dan masih banyak lagi.
Di Negara Indonesia, saat itu sudah mulai berdiri sebenarnya bentuk lawakan seperti ini. Akan tetapi tidak semulus dan semeriah yang boom di Eropa. seperti yang kita ketahui bahwa dulu, masyarakat kita lebih suka lawakan yang ber-"genre" Srimulatan. Tapi kita perlu berterima kasih kepada mereka, karena kalau tidak ada mereka mungkin tidak akan pernah ada Stand Up Comedy seperti sekarang ini.
berkembang- dan berkembang hingga saat ini. Di Indonesia mulai terbentuk saat ini komunitas comedian yang berunjuk kebolehan di depan plototan mata banyak orang, yaitu di wilayah kemang, Jakarta. Saya kurang tau betul jakarta bagian mana mas bru mbak sis, karena saya asli Surabaya, procolan Jember, makaryo di Malang. So, disitulah pusatnya berkumpul mereka-mereka yang ingin mengeluarkan unek-uneknya lewat guyonan segar ala Stand Up Comedy-nya Indonesia.
Saya tau baru bulan puasa kemarin ini, kira-kira tanggal 15 agustusan kalo g salah ya, ada temen dari jakarta menyodorkan video dari "nyusub" katanya. terus dia bilang, mas kalo ngliat sule kan ketawanya sampe ke buuka tu mulutnya, intil-intil aja sampe keliatan. umpama kalo saya sodorkan video ini mas sama ngakaknya gak??? terus saya jawab.
GAK...

hehehe maaf bercanda..
karena penasaran, akhirnya saya liat, waktu itu yang saya liat pertama kali adalah show dari Raditya Dika. Weleh-weleh-weleh.... Gak Nyangka bisa selucu itu, memang kalau saya liat mungkin radit ini baru pertama kali beradegan satu orang seperti ini, tapi ia merupakan seorang rookie yang patut diacungi jempol, karena semuanya up to date. Ada di kehidupan kita. satu lagi yang saya gak nyangka, dan cara penyampaiannya pun "nyante' buanget. si Pandji Pragiwaksono. Ya Ampuuun... bener-bener nyata... dan rileks...
kalau teman-teman mas bru mbak sis pengen liat, cari di "nyusub". tau gak nyusub tu apa?
yang punya tagline "Broadcast U'r Self"!! nek gak ngerti nuemen sampean...
cari dengan kata kunci stand up comedy indonesia, atau cari aja langsung dengan nama pemainnya. raditya dika atau pandjin pragiwaksono. dah wes... penthelengi tu video, gak ngakak berarti kalian gak tau tentang dunia luar kamu.
udah wes itu aja, yang lain nanti saya sampaikan kapan-kapan... kalau gak muales...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Postingan Terbaru Kami

BELAJAR HURUF HIJAIYAH UNTUK SANTRI PRA JILID METODE UMMI DENGAN GAMBAR ; ukuran kertas (40x60) cm

 Semoga bermanfaat, silahkan dikopas sesuai keinginan saudara-saudara semuanya.

Postingan Terdahulu Kami